Powered by Blogger.

Cara Sehat Lewat Tidur

Seberapa pun sibuk dan padatnya aktifitas anda, sisihkan waktu untuk tidur. Ini penting. Selain sebagai proses istirahat, tidur juga berfungsi sebagai perbaikan kerusakan sel hidup dalam tubuh setelah melakukan kegiatan. Maklum, sekecil apapun kegiatan yang kita lakukan, akan membuat aus sel-sel tubuh kita. Nah, sel-sel itu akan kembali ke kondisi semula ketika kita tidur.

Selama kita tidur, tubuh mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru. Limbah serta uap kotor yang terjadi pun dibuang. Sebenernya, tidur tidak hanya diperlukan oleh manusia dan hewan saja. Tumbuhan pun juga memerlukannya. Contohnya, pada tumbuhan bunga matahari. Di siang hari, daun –daun kelopak bunga tumbuhan matahari terbuka dan menutup kembali pada waktu senja malam hari.

Tiadak ada aturan kaku dan ketat yang diberlakukan berapa lama waktu tidur yang efektif atau wajib dipenuhi. Karena tidur ini bergantung pada usia, jenis pekerjaan, dan temperamen setiap individu. Bayi dan anak-anak, tentu saja memeelukan tidur lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Sedangkan orang yang sudah berumur tua memerlukan istirahat daripada tidur yang sebenernya. Maksudnya, selama berbaring mereka lebih banyak menggunakan waktu untuk mengubah-ubah posisi berbaringnya saja. Dan inilebih ampuh dibandingkan dengan aktifitas tidurnya sendiri. Orang yang bekerja dengan menggunakan otak atau pikirannya memerlukan lebih banyak tidur dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan fisiknya. Orang-orang yang lemah dan sakit-sakitan memerlukan lebih banyak tidur daripada oarng sehat.

Malam hari adalah waktu terbaik untuk tidur. Ini bukan masalah kebiasaan. Memang, orang-orang yang bekerja pada siang hari akan tidur pada malam hari. Namun, secara alamiah terlihat bahwa sing hari lebih cocok untuk bekerja dan waktu malam digunakan untuk tidur. Nah, “kebiasaan” diluar aturan alamiah ini akan menimbulkan beban yang lebih besar dan menghasilkan keadaan yang tidak sehat. Bisa kita lihat bahwa para penjaga malam, atau artis-artis dan sinetron yang bekerja di malam hari, sebagai konsekuensinya harus tidur di siang hari. Hal ini dapat membuat pengaruh yang dapat mengganggu kesehatannya.

Tidur mempengaruhi metabolisme tubuh dan merangsanng daya asimilasi. Itulah sebabnya ika tidur berlama-lama malah tdak sehat. Karena tubuh kita menyerap atau mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor lagi. Sehingga jika kita tidur kelamaan, akibatnya kita bukannya menjadi segar bersemangat. Tapi, malah loyo.

Sebenarnya jauh-jauh hari, Rasulullah Saw telah mencontohkan bagaimana mengatur irama kegiatan—termasuk untuk tidur ini. Beliau biasanya pergi tidur tidak terlalu malam. Kemudian bangun beberapa saat setelah lewat tenngah malam untuk melakukan sholat tahajjud. Besoknya, beberapa saat menjelang tengah hari beliau tidur sejenak.

Ada juga yang menyarankan agar pergi tidur larut malam kemudian bangun agak siang. Hal seperti ini praktis tidak alamiah dan berabe. Kita mengetahui bahwa hewan pun termasuk burung-burung bangun di awal waktu pagi. Nah, seoarang muslim diperintahkan untuk bangun awal dan menjalankan sholat subuh. Kebiasaan seperti ini sangat alami dan menyehatkan.

Tidur berbaring dengan posisi telentang sebenernya kurang sehat. Dalam posisi ini, terjadi penekanan dan penyesakan tulang punggung. Itu sebabnya tidur dengan posisi ini membuat kita ingin selalu ke kamar kecil. Dan tidur tengkurap atau menelungkup tidak Praktis untuk pernafasan. Banyaknyua tidur pada sisi kiri badan (menghadap ke kiri) bias mengganggu kesehatan kita, karena menghimpit jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan mengurangi pasokan darah ke otak. Jika ini terjadi, kita akan mengalami mimpi-mimpi sedih memilukan, mimpi buruk dan seram (night-mares). Bahkan, somnabulisme atau berjalan dalam keadaan tidur, lebih banyak terjadi yang bersangkutan tidur dalam posisi ini.

Posisi tidur terbaek menurut ilmu adalah pada sisi kanan tubuh, menghadap ke kanan. Fakta ini telah diuji melalui riset medis modern. Ini sesuai dengan apa yang telah dianjurkan oleh Rasulullah Saw.

Harap dicatat, urusan dan berbagai macam pikiran yang mengendap di kepala kita semua sebelum kita tidur, akan mempengaruhi tidur kita. Sebagai amsal, jika anak kecil menangis tertidur dalam keadaan menangis, ketika terbangun, umumnya dia akan menangis lagi. Selanjutnya, jika seorang bayi jatuh tertidur ketika sedang menyedot susu, ia juga akan membuat gerakan yang serupa ketika terbangun. Oleh sebab itu, sebelum tidur kita di anjurkan agar bermusahabah, istigfar, dan dzikir pada Allah Swt.

Tidak dianjurkan langsung tidur setelah makan malam. Ini bahaya. Karena tubuh masih dalam proses mencerna makanan yang masuk. Kalau nagntuk-ngantuk amat, lakukan aktifitas membaca buku dahulu.Sebelum tidur, tentu saja,jangan lupa, berdoa. Selamat tidur dan istirahat.

Sumber: Majalah SAKSI Tahun V 1 juli 2003
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Cara Sehat Lewat Tidur"

Back To Top